Kalau pada latihan-latihan sebelumnya, kita banyak belajar memanipulasi foto, membuat efek pada tulisan, membuat sebuah tekstur. Dan pada kesempatan ini mari kita belajar membuat tombol seperti tombol downloads, click atau yang sering disebut Button.
Langkah 1.
Buat dokumen baru (File – New | Ctrl+N), ukurannya kita kasih aja 400 x 200 pixels untuk resolution dan background biarkan apa adanya. Set warna foreground #b7ed87 dan background #89bb5d kemudian aktifkan Gradient Tool (G) pada Toollbox, pilih foreground to background dengan Radial Gradient. Sekarang klik di tengah kanvas (Layer background), tahan kemudian geser kekanan sampai batas layer.
Langkah 2.
Ubah foreground color jadi warna kuning #e9e214 atau pilih warna yang anda sukai. Sekarang buatlayer baru (Shift+Ctrl+N) kasih nama “Button Bawah” kemudian aktifkan Rounded Rectangle Tool (U), pilih Fill Pixel, Radius 15px dan Fixed size : 330 x 150 pixels.
Langkah 3.
Gandakan layer button bawah (Layer – Duplicate Layer | Ctrl+J) ganti namanya jadi “Button Atas”. Pilih layer “Button bawah” kemudian pilih Layer – Layer Style – Stroke. Atur Size: 8px, Opacity: 65%, Fill Type: Gradient, Angle: -35 drajat dan Scale: 145%. Untuk setingan Gradient type lihat ilustrasi dibawah.

Langkah 4.
Pilih layer “Button Atas” kemudian aktifkan layer style Stroke, Bevel and Emboss dan Gradient Overlay (Layer – Layer Style – Stroke).
Stroke: Size: 2px, Opacity: 75% dan Color Putih (#FFFFFF).
Bevel and Emboss: Dept: 42%, Size: 18px, Soften: 6px, dan yang lain biarkan apa adanya.
Gradient Overlay: Blend Mode: Multiply, Opacity: 45%, Gradient: Black White, Style: Linier, Angle: 90 drajat dan Scale: 119%.


Langkah 5. 
Buat layer baru (Layer – New – Layer | Shift+Ctrl+N) kasih nama “Highlight” kemudian tekan Ctrl dan klik pada Thumbnail layer “Button Atas” untuk membuat seleksi. Sekarang pilih Elliptical Marquee Tool (M), samabil menekan “Alt“ buatlah seleksi seperti tampak dibawah ini.

Langkah 6.
Dari hasil seleksi yang terbentuk pada langkah di atas, sekarang warnai dengan Gradient Tool (G) tapi sebelumnya ubah warna foreground dengan putih (tekan D kemudian X) kemudian aktifkan Gradient Tool (G), pilih foreground to transparent dan Linier Gradient. Klik dari bawah ke atas pada bagian seleksi sampai membentuk warna putih transparan. Ubah opacity kira-kira 10 – 20%.
Langkah 7.
Ok… sekarang kita kasih tulisan, pilih Horizontal Type Tool (T) dan buatlah tulisan apa saja kalau saya tulis “PUSTAKA LOMBOK” dengan warna 90% Gray dan aktifkan Layer Style Drop Shadow (Layer – Layer Style – Drop Shadow). Untuk distance cukup nilai 1 dan Size: 3.
Letakkan layer tulisan (text) dibawah layer “Highlight” (Ctrl+[ atau Ctrl+]). Dan akhirnya selesai juga latihan kita kali ini.

Untuk mengganti warna, kita tinggal rubah menggunakan Hue/Saturation dan centang pilihan Colorize. Ubah nilai Hue, Saturation dan Lightness dengan menggeser slider sampai mendapat warna yang diinginkan. Selamat mencoba dan saya berharap kita dapat bertemu pada latihan berikutnya. Akhirnya, bila ada kekeliruan mohon dikoreksi dan semoga bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment

 
Top