Pada tutorial kali ini, kita coba mengulas langkah-langkah sederhana dalam membuat tekstur kulit menggunakan program photoshop. Tekstur kulit ini seperti tekstur kulit tas, jaket yaa seperti itulah. Selain tekstur kulit, kita juga bisa buat berbagai macam tekstur di photoshop misalnya tekstur kayu, batu dan lain sebagainya. Langkah-langkah membuat tekstur kulit:



Langkah 1.
Buatlah document baru, File – New (Ctrl+N) dengan ukuran 1200x1000 pixel/inch, Resolution 72pixels. Sekarang set foreground dan background color jadi hitam putih (tekan D dan X), kemudian pilih Filter – Texture – Stained Glass. Biarkan setingan defaultnya, lalu klik OK.

Langkah 2. 
Buat layer baru, Layer – New – Layer (Shift+Ctrl+N), warnai layer dengan putih #FFFFFF dan kasih Stained Glass filter seperti pada langkah 1 diatas kemudian ubah opacity menjadi 50%. 

Langkah 3.
Sekarang, pilih Filter – Noise – Add Noise. Atur Amount: 20%, distribution: Uniform dan centang Monochromatic.

Langkah 4.
Pada langkah ini, kita gabung layer 1 dengan layer background dengan menekan Ctrl+E pada keyboard, kemudian Ctrl+A untuk menyeleksi semua layer lalu Edit – Copy (Ctrl+C). Sekarang pilih channel palette, buat channel baru dengan memilih ikon create new channel di bawah channel palette kemudian pastekan pada Alpa1 Channel (Ctrl+V).

Langkah 5. 
Sekarang pilih RBG Channel dan kembali klik layer palette kemudian warnai layer background dengan hitam keabuan dengan memilih Edit – Fill (Shift+F5), pilih color dan isi dengan warna (#393939).

Langkah 6. 
Untuk langkah ini, kita kasih Lighting Effect dengan Alpha Channel yang sudah kita buat pada langkah 4 diatas. Pilih Filter – Render – Lighting Effects, seting seperti dibawah ini dan ingat pada texture channel pilih Alpha1.

Kalau sudah, jangan klik OK dulu. Sekarang kasih pencahayaan pada bagian-bagian yang terlihat gelap dan setiap membuat pencahayaan baru, klik gambar lampu yang ditandai lingkaran merah dan buatlah 4 pencahayaan seperti ilustrasi dibawah ini.

Langkah 7. 
Pada langkah ini, kita buat layer baru, Layer – New – Layer (Shift+CtrlN) kasih nama Highlight. Klik Brush Tool pada Toolbox, pilih 100 soft brush dengan hardness 0% dan klik pada layer highlight, atur besar kecilnya brush dengan menekan tanda “[“ dan “]” pada keyboard. Ubah opacity-nya jadi 4%. kita juga bisa buat menggunakan Gradient Tool dengan setingan white to transparent.

Langkah 8.
Sampai dengan langkag ini, kita sudah selesai membuat efek kulit dengan program photoshop.

Kalau warna di atas tidak sesuai kita bisa ganti dengan Hue and Saturation. Pilih Layer – New Adjustment Layer – Hue/Saturation. Pada kotak dialog hue/saturation, centang atau pilih Colorize dan atur nilai hue, saturation dan lightness sampai mendapatkan warna sesuai keinginan anda.

Yep… latihan membuat tekstur kulit (leather effect) dengan photoshop udah selesai dan untuk cara membuat tekstur kayu bisa lihat disini.



0 comments :

Post a Comment

 
Top